A. Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harafiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau
‘pengantar’.
Beberapa pengertian media menurut para ahli:
1.
Gerlach
dan Ely (1971)
media
apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang
membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan,
keterampilan, dan sikap.
2.
AECT(Association
of Education and Communication Technology,1977)
Media
sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau
informasi.
3.
Gagne
dan Briggs (1975)
Media
pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi
materi pengajaran, yang terdiri dari buku, tape recorder, kaset, video camera,
video recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer.
B. Ciri-Ciri Media Pendidikan
Garlach dan Ely (1971) mengemukakan tiga ciri media yang
merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa saja yang dapat dilakukan
oleh media yang mungkin guru kurang efisien melakukannya:
1.
Ciri
Fiksatif (Fixative Property)
Ciri
fiksatif menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan
merekontruksi suatu peristiwa atau objek. Suatu peristiwa atau objek dapat
diurut dan disusun kembali dengan media, seperti: fotografi, video tape, audio
tape, dan film. Jadi, dengan menggunakan media yang dapat merekam
kejadian-kejadian dapat digunakan oleh guru setiap saat.
2.
Ciri
Manipulatif (Manipulative Property)
Transformasi
suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif.
Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan pada siswa dalam waktu
dua atau tiga menit. Misalnya: proses larva menjadi kepompong.
3.
Ciri
Distributif (Distributive Property)
Ciri
distributif dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian dapat
ditransportasikan melalui ruang dan secara bersama kejadian disajikan kepada
sejumlah besar siswa.
C. Fungsi Media Pembelajaran
Media pembelajaran, menurut Kemp dan Dayton (1985:28),
dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan,
kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu:
a. Memotivasi minat atau tindakan
Untuk memenuhi fungsi motivasi, media pembelajaran dapat
direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan. Pencapaian tujuan ini akan
mempengaruhi sikap, nilai, dan emosi.
b. Menyajikan informasi
Media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian
informasi dihadapan sekelompok siswa. Isi dan bentuk penyajian bersifat umum,
berfungsi sebagai pengantar, ringkasan, atau pengatahuan latar belakang.
c. Memberi instruksi
Media berfungsi untuk tujuan instruksi di mana informasi
yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa dalam pikiran, mental,
maupun dalam bentuk aktivitas nyata.
D. Manfaat Media Pembelajaran
Sudjana dan Rivai (1992:2) mengemukakan manfaat media
pembelajaran dalm proses belajar siswa, yaitu:
1. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga
dapat menumbuhkan motivasi belajar
2. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga
dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai
tujuan pembelajaran
3. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tida semata-mata
komunikasi verbal melaui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak
bosan dan guru tidak kehabisan tenaga
4. Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab
tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti
mengamati, melakukan, mendemostrasikan, memerankan, dan lainnya
E. Pengenalan Beberapa Media
Berdasarkan perkembangan teknologi, media pembelajaran
dapat dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu:
Ø Media hasil teknologi cetak
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau
menyampaikan materi , seperti buku dan materi visual statis terutama melalui
proses percetakan mekanis atau fotografis.
Ø Media hasil teknologi audio-visual
Pengajaran melalui audio-visual adalah produksi dan
penggunaan materi yang penyerpannya melalui pandanga dan pendengaran serta
tidak seluruhnya tergantung kepada pemahaman kata atau simbol-simbol serupa.
Ø Media hasil teknologi berdasarkan komputer
Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan
atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis
mikro-prosesor.
Ø Media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer
Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan
menyampaikan materi yang menggabungkan pemakain beberapa bentuk media yang
dikendalikan oleh komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar