Senin, 04 Maret 2013

pengertian media pendidikan



A.  Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harafiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau ‘pengantar’.
Beberapa pengertian media menurut para ahli:
1.    Gerlach dan Ely (1971)
media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
2.    AECT(Association of Education and Communication Technology,1977)
Media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi.
3.    Gagne dan Briggs (1975)
Media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri dari buku, tape recorder, kaset, video camera, video recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer.
B.  Ciri-Ciri Media Pendidikan
Garlach dan Ely (1971) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru kurang efisien melakukannya:
1.    Ciri Fiksatif (Fixative Property)
Ciri fiksatif menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekontruksi suatu peristiwa atau objek. Suatu peristiwa atau objek dapat diurut dan disusun kembali dengan media, seperti: fotografi, video tape, audio tape, dan film. Jadi, dengan menggunakan media yang dapat merekam kejadian-kejadian dapat digunakan oleh guru setiap saat.
2.    Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan pada siswa dalam waktu dua atau tiga menit. Misalnya: proses larva menjadi kepompong.
3.    Ciri Distributif (Distributive Property)
Ciri distributif dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian dapat ditransportasikan melalui ruang dan secara bersama kejadian disajikan kepada sejumlah besar siswa.
C.  Fungsi Media Pembelajaran
Media pembelajaran, menurut Kemp dan Dayton (1985:28), dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu:
a.    Memotivasi minat atau tindakan
Untuk memenuhi fungsi motivasi, media pembelajaran dapat direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan. Pencapaian tujuan ini akan mempengaruhi sikap, nilai, dan emosi.
b.    Menyajikan informasi
Media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi dihadapan sekelompok siswa. Isi dan bentuk penyajian bersifat umum, berfungsi sebagai pengantar, ringkasan, atau pengatahuan latar belakang.
c.    Memberi instruksi
Media berfungsi untuk tujuan instruksi di mana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa dalam pikiran, mental, maupun dalam bentuk aktivitas nyata.

D.  Manfaat Media Pembelajaran
Sudjana dan Rivai (1992:2) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalm proses belajar siswa, yaitu:
1.    Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
2.    Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran
3.    Metode mengajar akan lebih bervariasi, tida semata-mata komunikasi verbal melaui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga
4.    Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemostrasikan, memerankan, dan lainnya
E.   Pengenalan Beberapa Media
Berdasarkan perkembangan teknologi, media pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu:
Ø Media hasil teknologi cetak
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi , seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses percetakan mekanis atau fotografis.
Ø Media hasil teknologi audio-visual
Pengajaran melalui audio-visual adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerpannya melalui pandanga dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung kepada pemahaman kata atau simbol-simbol serupa.


Ø Media hasil teknologi berdasarkan komputer
Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro-prosesor.
Ø Media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer
Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakain beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar