Jumat, 08 November 2013

Italia



A.  Italy
Asumsi-asumsi etimologi "Italia" sangatlah banyak dan kumpulan tulisan solusi yang diajukan oleh sejarawan dan bahasawan sangatlah panjang-lebar. Menurut salah satu penjelasan yang lebih umum, istilah Italia, dari bahasa LatinItalia, dipinjam melalui bahasa Yunani dari bahasa Oska Víteliú yang berarti "tanah anak sapi" (bandingkan: Latin vitulus "anak sapi", bahasa Umbria vitlo "anak sapi"). Banteng atau sapi pernah menjadi simbol suku-suku di Italia selatan dan seringkali dilukiskan menyeruduk serigala Romawi sebagai simbol keengganan. Negara Italia memiliki ibukota yakni Roma. Pembagian kondisi fisik dan kondisi sosial di wilayah Italia sebagai berikut:
1.    Kondisi fisik 
a.    Letak astronomis
Italia terletak antara 35°LU- 47°LU, dan 6°BT-19°BT.
b.    Batas wilayah
Utara    : negara Swiss, Austria, dan Slovenia
Selatan : negara Malta
Barat    : Laut Tengah
Timur   : Laut Adriatik
c.    Luas wilayah
Luas keseluruhan negara ini adalah 301.230 km², 294.020 km² di antaranya adalah daratan dan 7.210 km² sisanya adalah perairan.
d.   Sungai
Sungai yang ada pada negara Italia yaitu sungai Po, Adige, Tiber, dan Arno. Sungai Po, yakni sungai terpanjang di Italia (652 km), mengalir dari Alpen di perbatasan barat dengan Perancis dan melintasi Lembah Po menuju Laut Adriatik. 
e.    Danau
Lima danau terbesar di Italia menurut ukurannya adalah: Danau Garda (367,94 km²), Danau Maggiore (212,51 km², berbagi dengan Swiss), Danau Como (145,9 km²), Danau Trasimeno (124,29 km²), dan Danau Bolsena (113,55 km²).
f. Topografi
Titik tertinggi di negara Italia berada pada Mont Blanc 4.810 m sedangkan titik terendah yakni paras laut.
g.    Keadaan iklim
Iklim di Italia sangat beraneka ragam, ini dipengaruhi oleh bentuk semenanjung yang besar dan membujur, dan sebagian besarnya bergunung-gunung. Di sebagian besar pedalaman utara dan tengah, iklim merentang dari subtropis basah sampai kontinental basah dan iklim lautan. Secara khusus, iklim di wilayah geografis Lembah Po adalah kontinental, dengan musim dingin yang keras dan musim panas yang terik. Wilayah pesisir Liguria, Toskana, dan sebagian besar Italia Selatan pada umumnya memenuhi stereotip iklim mediterania (klasifikasi iklim Köppen Csa). Kondisi di wilayah pesisir semenanjung bisa sangat berbeda dibandingkan daratan tinggi dan lembah di pedalaman, khususnya pada musim dingin ketika daratan tinggi cenderung lebih dingin, lembap, dan seringkali bersalju. Kawasan pesisir memiliki musim dingin yang sedang dan musim panas yang umumnya hangat dan kering, meskipun lembah-lembah di daratan rendah bisa menjadi cukup terik pada musim panas. Suhu rata-rata musim dingin bervariasi dari 0°C di Alpen sampai 12°C di Sisilia, sedangkan pada musim panas suhu bervariasi dari 20°C sampai 30°C atau lebih.
h.    Pegunungan dan gunung aktif
Ada dua buah pegunungan di Italia yakni Pegunungan Apennina membentuk tulang punggung semenanjung dan Alpen membentuk perbatasan di utara. Terdapat 14 gunung berapi di Italia, empat di antaranya masih aktif: Gunung Etna (situs tradisional mitologi pandai besi Vulkanus), StromboliVulcano, dan Vesuvius. Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi yang masih aktif di Benua Eropa dan yang paling terkenal dari bencana yang dihasilkannya, Pompeiidan Herculaneum. Beberapa pulau dan bukit telah terbentuk oleh karena aktivitas kegunungapian, dan masih terdapat kaldera aktif besar, yaitu Campi Flegrei di sebelah utara-barat Napoli.
i.   Perairan dan Kepulauan
Laut  : laut Adriatik, Tyrrhenia, tengah, Ionia, dan liguria.
Selat  : selat Sicilia. Corsica, Bonifacio, Messina dan Malta.
Teluk : teluk Genoa, Taranto, dan Venezia.
Semenanjung : Apennina
Tanjung : tanjung Santa Maria, Spartivento, Deli Alice, Passaro, dan Carborara.
Pulau : pulau Elba, Sardinia, dan Sicilia.

2.    Kondisi sosial
a.     Penduduk
Jumlah pnduduk Italy perkiraan pada tahun 2010 yaitu 60.605.053 jiwa dengan kepadatan 201,1/km2
b.    Agama
Penduduk Italia memeluk agama Katolik Roma.
c.     Bahasa
Bahasa resmi Italia adalah bahasa Italia.
d.    Pemerintah
Bentuk pemerintahan negara Italia yakni Republik. Kepala negara adalah Presiden sedangkan kepala pemerintahan dipimpin oleh Perdana Mentri. Badan Legislatif di negara Italia adalah Dewan Perwakilan dan Senat. Bntuk kerja sama Internasional yaitu PBB, masyarakat ekonomi Eropa (MEE), organisasi pertahanan Atlantik Utara (NATO).
e.     Ekonomi
Hasil pertanian utama: buah Anggur di kawasan perbukitan Langhe (Piemonte), gandum, sayur-mayur, zaitun, bit gula, kentang, jagung, dan tomat.
Produk industri: tekstil, obat-obatan, kendaraan bermotor, mesin, bahan makanan, anggur, tourisme.
Ekspor utama: buah-buahan dan sayuran, tenunan, sepatu dan pakaian, besi dan baja lembaran, mesin-mesin, kendaraan bermotor, plastik, produk samping minyak.
Impor utama: jagung, kayu, wol, logam bekas, batu bara, minyak tanah, minyak mentah, daging, kertas, besi dan baja lembaran, tembaga.
Mata uang negara Italia: Lira.
f.  Sumber Daya Alam
Sumber daya alam negara Italia yaitu belerang, air raksa, batu pualam, minyak, dan gas alam.
g.    Budaya
Arsitektur: konstruksi negara Italia yaitu arsitektur neoklasik, dan mempengaruhi rancangan yang digunakan oleh kaum terhormat untuk membuat rumah perdesaan mereka di seluruh dunia, terutama di Britania Raya, Australia, dan Amerika Serikat pada akhir abad ke-17 sampai awal abad ke-20. Beberapa karya terbaik arsitektur Barat, adalah Koloseum, Katedral Milano, dan Katedral Firenze, Menara Pisa, dan rancangan bangunan di Venesia dibangun di Italia.
Teater: Teater Italia dapat dirunut balik hingga ke tradisi Romawi yang sangat dipengaruhi oleh Yunani; seperti dengan banyak genre sastra lainnya, para dramatis Romawi cenderung mengadaptasi dan menerjemahkan karya-karya Yunani. Misalnya, karya Seneca, Phaedra didasarkan pada Euripides, dan banyak komedi Plautus merupakan terjemahan karya-karya Menander
h.    Lagu kebangsaan
Lagu kebangsaan Italia yaitu Fratelli d’Italia (persaudaraan italia).
i.   Pendidikan
Semua anak Italia harus bersekolah hingga mereka berusia 14 tahun. Setelah pendidikan 5 tahun di sekolah dasar, pelajar melanjutkan sekolah menengah pertama selama 3 tahun. Kemudian, diikuti pendidikan 5 tahun di sekolah menengah atas. Agar dapat masuk di salah satu universitas Italia, seorang pelajar harus lulus dari ujian yang sulit yang diberikan oleh sekelompok guru besar (Profesor) yang ditunjuk oleh Mentri Pendidikan karena pemerintah mengatur semua jenis pendidikan di Italia.
j.   Pariwisata
Tempat pariwisata yang ada di negara Italia adalah Colosseum Roma.
Situs ini awalnya merupakan teater besar yang dapat duduk lebih dari 50.000 orang

dengan arsitektur kuno yang luar biasa.



Di Italia terdapat 8 kota besar yaitu: Roma, Milan (kota Finansial), Turin (kota Industri), Venesia (kota Turis), Napoli dan Genoa (kota Pelayaran Internasional), Florence (kota Budaya), dan Palermo. Di antara kota-kota tersebut kota Venesia dianggap sebagai salah satu kota yang terindah di dunia. Kota ini dibangun di atas lebih dari 100 pulau dalam Laguna Venesia pada ujung bagian utara Laut Adriatik.




2 komentar: