Jumat, 08 November 2013

Vatikan



A.  Vatikan
Vatikan atau lebih lengkap disebut sebagai Kota Vatikan, dengan nama resmi Negara Kota Vatikan. Vatikan merupakan negara merdeka terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk. Vatikan merupakan sebuah enklaf yang berada di dalam wilayah kota Roma di Italia. Vatikan merupakan tempat tinggal Paus dan wilayah Takhta Suci, otoritas pusat Gereja Katolik.
Nama kota vatikan diambil dari lokasinya yang berada di bukit Vatikan. Negara ini dikelilingi oleh Basilika St. Petrus di sebelah tenggara serta alun-alun agung St. Petrus. Tapal batas sisanya dibentuk oleh dinding-dinding yang dibangan antara abad ke-9 dan ke-17. Di dalam dinding ini terdapat tidak hanya pusat administrasi dan pusat agama gereja Katolik Roma, melainkan juga perpustakaan dan museum yang berisi harta peninggalan yang sangat berharga. Pembagian kondisi fisik dan kondisi sosial di wilayah Vatikan sebagai berikut:
1.    Kondisi fisik
a.    Letak Astronomis
Letak kota Vatikan berada pada 41˚54’ LU dan 12˚27’ BT.
b.    Batas Wilayah
Utara    : negara Italia
Selatan : laut Tyrrhenia
Barat    : laut Tyrrhenia
Timur   : kota Roma
c.    Luas Wilayah
Luas wilayah negara Vatikan adalah 44 hektare.
2.    Kondisi sosial
a.    Penduduk
Jumlah penduduk Vatikan sebesar 890 warga.
b.    Agama
Penduduk Vatikan memeluk agam Katolik Roma.
c.    Bahasa
Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Latin sedangkan bahasa Italia digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
d.   Pemerintah
Vatikan merupakan sebuah kaukus unik, sebuah contoh dari sebuah kerajaan di mana fungsi kepala negara, yaitu sang Paus tidak diwariskan tetapi dipilih untuk seumur hidup oleh dewan Kardinal. Anggota dewan kardinal yang dapat memilih adalah mereka yang berumur di bawah 80 tahun. Pertemuan dewan kardinal untuk memilih Paus ini disebut konklaf dan dilaksanakan di Kapel Sistina. Kata konklaf ini berasal dari bahasa Latin cum clavis yang artinya adalah "dengan kunci". Maksudnya merekalah yang memegang kunci pemilihan. Kata cum clavis ini juga memiliki arti bahwa para kardinal dikunci di Kapel Sistina selama proses pemilihan tersebut.
Istilah Takhta Suci merujuk kepada otoritas, yurisdiksi dan kedaulatan Paus dan para penasehatnya dalam memimpin Gereja Katolik Roma. Takhta Suci mempunyai hak yang sama dengan sebuah negara berdaulat.
Sebagai negara berdaulat, Vatikan juga mempunyai hak untuk mengirim dan menerima diplomat. Para diplomat ini membutuhkan Kedutaan Besaryang harus berkedudukan di kota Roma karena tidak ada tempat di Vatikan. Dengan demikian ada sebuah situasi paradoksal di mana Italia mempunyai perwakilan di wilayahnya sendiri. Indonesia juga memiliki perwakilan di Takhta Suci. Vatikan juga merupakan salah satu dari sedikit negara berdaulat yang mempertahankan pengakuan diplomatik atas Republik Cina di Taiwan.
e.    Ekonomi
Ekonomi Vatikan cukup unik, yang mana ekonomi ditunjang oleh aktivitas non-komersial. Ekonomi Vatikan yang non-komersial ini disokong dengan sumbangan dari para umat Katolik seluruh dunia, penjualan prangko, koin-koin, souvenir turis, mainan kunci, rosario, salib kristus, iuran masuk museum-museum, iuran perpustakaan, sokongan Italia, sokongan Prancis, bea masuk turis, visa turis, album rohani gereja, bea ibadah, penjualan beberapa buku,majalah dan blanko serta festival seni. Mata uang negara Vatikan adalah Lira.
f.     Budaya
Kota Vatikan merupakan warisan budaya yang sangat penting. Beberapa gedung seperti Basilika Santo Petrus merupakan gereja tertua dunia yang terbesar dibangun di atas makam Santo Petrus. Kapel Sistina merupakan tempat tinggal Paus dan menerima tamu terhormat dari berbagai penjuru dunia. Perpustakaan Vatikan, yang didirikan pada abad ke 15, merupakan perpustakaan tertua di Eropa dan salah satu perpustakaan di dunia. di dalam perpustakaan itu terdapat sekitar 1.000.000 buku cetak, 7.000 incunabula (buku yang dicetak paling awal), serta 90.000 manuskrip. dan Museum Vatikan merupakan gedung-gedung yang sangat indah.
g.    Lagu Kebangsaan
Lagu kebangsaan negara Vatikan adalah Inno e Marcia Pontificale.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar