Jumat, 08 November 2013

Portugal



A.  Portugal
Republik Portugal adalah sebuah negara di Eropa bagian barat daya. Portugal memiliki ibu kota yaitu Lisabon. Negara ini berbatasan dengan Spanyol di sebelah utara dan timur. Di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Selain itu, Portugal juga mempunyai daerah di Madeira, Azores dan Kepulauan Selvagens. Portugal mengklaim sebuah daerah kecil bernama Olivença yang dikuasai Spanyol sejak Kongres Wina. Nama lama atau latin dari negara ini adalah Lusitania. Kata Portugis sering dipakai untuk menyebutkan penduduk atau orang yang berasal dari Portugal. Kata ini juga sebutan untuk bahasa yang dipakai oleh bangsa ini. Negara-negara berbahasa Portugis sering disebut sebagai negara-negara Lusophone. Pembagian kondisi fisik dan kondisi sosial di wilayah Portugal sebagai berikut:
1.    Kondisi Fisik
a.    Letak Astronomis
Letak negara Portugal berada pada 36˚58’ LU-42˚09’ LU dan 6˚11’ BB-9˚30’BB.
b.    Batas Wilayah
Utara    : Negara Spanyol
Selatan : Teluk Cadiz
Barat    : Samudra Atlantik
Timur   :Negara Spanyol
c.    Luas Wilayah
Luas wilayah 92,391 km2    
d.   Sungai
Ada 2 sungai utama di Portugal yaitu sungai Tagus dan sungai Douro, berhulu di Spanyol dan mengalir melalui Portugal ke Samudra Atlantik. Selain sungai utama juga terdapat sungai Guadiana, sungai Minho, sungai Mondego, sungai Zezere.
e.    Topografi
Titik tertinggi di negara Portugal yaitu Pico da Serra (1.991 m) di daerah Serra dan Estrella sedangkan titik terendah yakni paras laut.
f.  Perairan
Samudera : Atlantik
Tanjung    : Roca dan Sao Vicente
2.    Kondisi sosial
a.    Penduduk
Jumlah penduduk Portugal perkiraan pada tahun 2006 yaitu 10.095.170 jiwa dengan kepadatan 114 /km2
b.    Agama
            Penduduk Portugal memeluk agama Katolik Roma.
c.    Bahasa
            Bahasa resmi Portugal adalah bahasa Portugis.
d.   Pemerintah
Bentuk Pemerintahan negara Portugal yakni Republik. Kepala negara Portugal dipimpin oleh seorang Presiden. Sedangkan, kepala pemerintahan berada pada Perdana Mentri dan badan legislatif berada pada Dewan Nasional. Kerja sama Internasional yang diikuti oleh negara Portugal yaitu PBB, Organisai Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Himpunan Perdagangan Bebas Eropa (EFTA), Oragnisasi bagi Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) , Dewan Eropa.
e.    Ekonomi
Produk Pertanian utama: padi-padian, kentang, buah zaitun, anggur untuk minuman.
Industri dan Produk: tekstil dan alas kaki, bubur kayu, kertas, gabus, kerajinan logam, penyulingan minyak, bahan kimia, pengalengan ikan, minuman anggur.
Ekspor utama: tekstil katun, gabus dan produk gabus, ikan kalengan, anggur, kayu dan produk kayu, resin.
Impor utama: minyak, kapas, mesin industri, besi dan baja, bahan kimia.
            Mata uang negara Portugal: Euro.              
f.  Sumber Daya Alam
         Sumber daya alam negara Portugal yaitu  Batu bara, pirit, marmer, kaolin, hematit, wolframit, tembaga.
g.    Budaya
Dalam keluarga tradisional Portugis ikatan silaturahim antara orangtua dan anak sangat kuat, tradisi kumpul bersama satu kali seminggu wajib dilaksanakan dan saat itulah sang ayah memasak makanan favorit untuk anak dan cucunya. Dalam mendidik anak maupun segala sesuatu yang berkaitan dengan rumah, kekuasaan berada di tangan ibu walaupun sang ibu bekerja, tapi mereka sangat bertanggung jawab melaksanakan perannya di dalam keluarga tak beda jauh dengan keluarga di Indonesia. Tari tradisional Portugis selalu digelar pada carnaval budaya di kota Viana do Castelo ataupun di lokasi khusus turis yang dibuka 2 kali seminggu. Bukan hanya tari dan musik saja mempunyai kesamaan namun ada juga beberapa kosa kata. Contohnya; sekolah, sepatu, garasi, jendela, dan lainnya. Para wanita Portugis (Senhora da Agonia) terkenal mahir menyulam dan semua pakaian tari mereka bersulam beraneka warna baik penari wanita maupun pria. Sulaman tangan yang halus ini selain untuk baju ada juga berupa selimut, taplak meja, saputangan dan lainnya yang harganya mencapai 500 Euro.
h.    Lagu kebangsaan
            Lagu kebangsaan Portugal yaitu A Portuguesa (bangsa Portugis).
i.   Pariwisata
Ada empat buah kota yang menarik untuk dikunjungi yakni Cintra (kota kecil penuh dengan rumah tua), Porto (pusat industri minuman Anggur), Evora (terdapat gereja besar gaya gotik abad-12 ), Estoril (pusat peristirahatan Portugal)

2 komentar: